Paket Wisata Malang | Paket Wisata Batu | Sewa Villa di Batu Malang

Search
Close this search box.
Manfaat Bawang Merah

Manfaat Bawang Merah

Share Blog

Bukan hanya sebagai bumbu dapur untuk masakan, bawang merah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Warna ungu dari buah ini juga membuat setiap hidangan yang ditaburi oleh bawang merah ini terlihat lebih menarik. Untuk mendapatkan khasiat yang maksimal dari bawang merah, sebaiknya dikonsumsi pada keadaan mentah. Ketika sudah dimasak, vitamin dan nutrisi yang ada akan berkurang

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

Manfaat dari bawang merah bagi kesehatan mungkin belum diketahui oleh banyak orang, lantaran umumnya bawang putih dan jahe yang selalu menjadi perhatian dari bumbu dapur yang berkhasiat bagi kesehatan.

Mempunyai Kandungan Anti Bakteri

Kandungan antibakteri yang ada di dalam bawang merah bisa melawan bakteri misalnya Bacillus cereus, Pseudomonas aeruginosa, E.Coli, dan S.Aureus, serta menghambat pertumbuhan bakteri Vibrio cholerae. Senyawa antibakteri yang berperan dalam melawan infeksi adalah senyawa quercetin yang dapat merusak membran sel dari bakteri E.Coli & S.Aureus.

Banyak Mengandung Antioksidan

Antioksidan sangat berperan penting mencegah kerusakan sel dalam tubuh yang bisa mengakibatkan banyak sekali penyakit, misalnya diabetes, penyakit jantung, dan kanker. Bawang merah ditemukan memiliki sekitar 26 jenis antioksidan yang berperan menjaga kesehatan, salah satunya merupakan senyawa antosianin yang memberikan rona merah pada bawang merah.

Mengendalikan Gula Darah

Jika Anda mengidap diabetes atau pradiabetes, Anda bisa mengonsumsi bawang merah dengan tujuan mengontrol kadar gula darah Anda. Bawang merah dapat mengontrol gula darah berasal dari senyawa sulfur & quercetin yang memiliki efek antidiabetes.

Menjaga Kesehatan Jantung

Bawang merah memiliki banyak sekali senyawa yang bisa melawan infeksi serta menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Hal inilah yang menjadi dasar bawang merah untuk menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Kandungan quercetin dalam bawang merah bisa membantu mengurangi kemungkinan penggumpalan darah serta aneka macam faktor penyakit jantung, seperti hipertensi, & sebagainya.

Mencegah Kanker

Bawang merah memang terlihat kecil, tetapi manfaat bawang merah tidak boleh diremehkan karena salah satu manfaat bawang merah adalah dapat mengurangi risiko terkena kanker, khususnya kanker perut, usus besar, prostat, dan kerongkongan. Senyawa sulfur dan antioksidan flavonoid pada bawang merah diyakini sanggup menghambat dan mencegah pertumbuhan tumor yang bisa bersifat kanker.

Selain manfaat-manfaat yang ada di atas, bawang merah juga dapat meningkatkan kesehatan penceranaan, menambah kepadatan tulang, memperbaiki pola tidur dan suasana hati, dan bagus untuk rambut dan kulit. Jika anda tertarik membeli bawang merah, anda bisa mengunjungi website rekan kami tanimarts.com

Leave a Comment

WISATA-BATUMALANG.COM

PT. Kangmas Global Travelindo
NIB : 9120203100972
NPWP : 86.352.139.9. – 628.000

“Dari Hati, Kami Memberikan Pelayanan Yang Terbaik Bagi Anda”

CONTACT INFO