Paket Wisata Malang | Paket Wisata Batu | Sewa Villa di Batu Malang

Search
Close this search box.
Tempat wisata edukasi di malang

Tempat Wisata Edukasi di Malang

Share Blog

Tempat Wisata Edukasi di Malang

Berbicara masalah wisata memang tidak pernah ada habisnya. Wisata Malang kini tengah menunjukkan eksistensinya. Banyak sekali bermunculan tempat-tempat wisata baru di Malang. Baik itu wisata alam, wisata buatan, maupun wisata edukasi. Nah wisata edukasi ini sangat menarik, di Malang juga terdapat tempat wisata edukasi yang bisa anda kunjungi bersama anak-anak tercinta. Banyak sekali manfaat mengajak anak-anak berlibur di tempat wisata yang edukatif.

Eco Green Park

eco green park

Konsep dari Eco Green Park sendiri adalah Fun and Study Jungle Adventure. Kawasan yang berada di bawah pengelolaan Jatim Park ini memang ditujukan untuk memberikan kepuasan kepada wisatawan untuk mengetahui mengenai taman rekreasi yang pas untuk keluarga. Kawasan wisata Eco Green park ini berlokasi di Kota Batu. Untuk masuk ke Eco Green Park dikenakan biaya sebesar Rp.70.000 pada hari Senin-Jumat. Sedangkan pada hari sabtu-minggu dikenakan biaya sebesar Rp.100.000. jam buka kawasan wisata ini pada pukul 9 pagi dan tutup pada pukul 5 sore. Ketika memasuki Eco Green Park wisatawan akan disambut dengan area Kolam Ikan Koi. Didalamnya pengunjung juga mendapatkan informasi bagaimana proses mengolah sumber daya alam hingga menjadi aliran listrik dengan tenaga yang cukup tinggi di PLTA dan juga PLTU. Selain itu, juga wisatawan bisa mengunjungi wahana Skema Pomba Gravitasi Air.

Batu Secret Zoo

Artikel Batu Secret Zoo

Kebun binatang modern yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur ini memiliki tanah seluas 14 hektare dan merupakan bagian dari Jawa Timur Park 2. Kebun binatang ini mulai dibangun pada tahun 2008 bersamaan dengan Jawa Timur Park 2 dan diresmikan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2010.

Taman Safari Prigen

Artikel taman safari prigen

Taman yang memiliki luas hingga 350 hektar ini merupakan Taman Safari terbesar ke 3 yang ada di Indonesia. Dengan mengusung konsep ala Afrika, wisatawan dapat melihat satwa-satwa bebas berkeliaran di alam terbuka. Terletak di kaki Gunung Arjuna, Taman Safari Prigen juga menyajikan bagi wisatawan untuk merasakan sensasi makan siang bersama hewan buas seperti harimau putih.  Selain itu, ditaman safari juga memberikan bermacam petualangan menarik seperti : Elehant Journey, Swimming with Dolphin, Safari Outbound, Education Package for Students dan beberapa Animal Education Show.

Museum Angkut

Museum Angkut
Museum Angkut

Museum Angkut ini menyajikan konsep wisata yang berhubungan dengan Transportasi. Didalam museum ini wisatawan bisa melihat berbagai sarana transportasi yang ada di Indonesia dan juga di negara lain. Mulai dari yang Antik (Kuno) sampai yang terbaru ( Modern ), transportasi yang digerakkan oleh manusia, hewan ataupun mesin. Didalam museum ini terdapat kurang lebih 300 koleksi mobil di tanah seluas 3,8 Hektar. Museum ini tercatat sebagai museum transportasi pertama yang ada di Asia. Dan mulai dibuka pada 9 Maret 2014.

Museum Brawijaya

Museum Brawijaya
Museum Brawijaya

Museum Brawijaya diresmikan padaa tanggal 4 Mei 1968, sedangkan untuk usaha pendiriannya sendiri sudah berlangsung sejak tahun 1962 oleh Brigjend TNI Soerachman. Kemudian pembangunan gedung musseum ini mendapat dukungan dari pemerintah daerah kotamadya Malang dengan penyediaan lokasi tanah seluas 10.500 meter persegi dengan dukungan biaya dari Sdr. Martha, pemilik hotel di tretes Pandaan. Arsitek museum ini sendiri adalah Kapten Czi Ir. Soemadi. Didalam museum ini terdapat berbagai macam koleksi sejarah. Mulai dari halaman depannya wisatawan bisa melihat tank buatan jepang yang merupakan hasil rampasan arek-arek Suroboyo pada bulan Oktober 1945. Dan tank tersebut juga dipakai untuk melawan sekutu dalam perang 10 November 1945. Didalam museum terdapat banyak benda-benda bersejarah yang digunakan ketika perang melawan penjajah. Dan terdapat 2 ruangan koleksi, Ruangan koleksi I memamerkan benda-benda koleksi dari tahun 1945-1949. Dan untuk Ruangan Koleksi II memamerkan benda-benda koleksi dari tahun 1950-1976. Selain itu, juga terdapat perpustakan yang berisikan koleksi buku-buku dan dokumen-dokumen sejarah perjuangan TNI, karya-karya umum dan referensi terkait dengan pengabdian terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dan di halaman tengah juga terdapat Perahu Segigir dan Gerbong Maut. Untuk berkunjung ke kawasan wisata ini, wisatawan hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp.3000.

Museum Satwa

Museum Satwa
Museum Satwa

Museum Satwa merupakan museum yang menyajikan satwa-satwa yang diawetkan dan fosil-fosil purba yang didatangkan dari berbagai negaa diseluruh benua, seperti Benua Amerika, Afrika, Asia, Australia, Eropa, Antartika, Artik. Tujuan didirikannya yaitu sebagai Lembaga Konservasi Ex-Situ Satwa Liar, maka seluruh satwa yang di awetkan dimuseum ini diperoleh tidak dengan sengaja diburu tetapi diawetkan dari satwa yang telah mati. Selain itu, didalam museum ini juga menyajikan replika satwa purba seperti Apatosaurus, Tyrannosaurus-Rex, Stegosaurus, Mammoth dan replika satwa purba lainnya.

Jawa Timur Park 1

JTP 1
JTP 1

Jatim Park 1 merupakan bagian dari Jatim Park Group, tempat rekreasi keluarga yang terletak di bagian timur gunung Panderman Kota Batu dengan ketinggian 850 MDPL, sehingga tempat ini tidak hanya menawarkan rekreasi yang mengasyikkan namun juga hawa yang sejuk dan panorama yang indah. Untuk masuk ke kawasan wisata ini, wisatawan hanya perlu membayar Rp.70.000 untuk Weekday dan Rp100.000 untuk Weekend.

Museum D’Topeng

Museum D'Topeng
Museum D’Topeng

Museum Topeng merupakan museum yang hadir dengan konsep unik, beda dan wajib dikunjungi. Kawasan museum ini berada di dalam kawasan museum angkut ini dibuka pada 23 Mei 2014, didirikan oleh Reno Halsamer seorang kolektor dari Surabaya. Selain sesuai namanya museum ini juga menyediakan koleksi benda-benda warisan budaya Indonesia mulai dari patung, keris, batik, dan pernak pernik budaya Indonesia. Untuk masuk ke museum ini wisatawan hanya perlu membayar sebesar Rp. 25.000 pada hari Senin-Kamis, sedangkan pada Jumat-Minggu dikenakan biaya sebesar Rp. 30.000. museum ini sendiri buka pada jam 12.00-20.00

Museum Tubuh Bagong

Museum Tubuh Bagong
Museum Tubuh Bagong

Museum Bagong atau The Bagong Adventure merupakan wisata edukasi yang sesuai untuk pembelajaran bagi anak-anak, remaja dan dewasa. Dinamakan Museum Bagong dikarenakan bagian depan patung kepala Bagong, bagong sendiri merupakan salah satu tokoh pewayangan yang cerdik.

Museum Panji

Museum Panji
Museum Panji

Sensasi Malang tempoe doeloe di Museum Panji Malang tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang ke tempat ini. Wisatawan bisa menikmati pertunjukan Tari Topeng khas Malang di panggung khusus jika datang pada hari yang tepat. Nuansa khas tempoe doeloe akan langsung dirasakan wisatawan ketika memasuki bangunan museum. Bukan hanya itu, poster iklan jadul, kutipan-kutipan sejarah ditambah topeng malangan yang di pajang rapi juga semakin menambah kesan kuno seperti pada jaman kolonial Belanda dahulu. Koleksi arca-arca di wilayah Malang Raya dengan rapi tersimpan di museum Panji.

Museum Mpu Purwa

Museum Mpu Purwa
Museum Mpu Purwa

Museum Mpu Purwa dibangun dengan luas 1.200 meter persegi diatas lahan seluas 1.800 meter persegi. Museum ini memiliki 136 koleksi berupa arca dan prasasti dari masa kepemimpinan Mpu Sindok hingga masa kerajaan Majapahir. Sebanyak 58 koleksi ditampilkan untuk wissatawan dan sisanya disimpan. Sebagian dari koleksi ini, tidak semuanya punya resmi milik Museum Mpu Purwa, namun koleksi itu sebagian masih menjadi koleksi pribadi masyarakat. Nama Museum Mpu Purwa diambil dari nama seorang brahmana di Tumapel yang bernama Mpu Purwa. Mpu tersebut memiliki seorang anak yang bernama Ken Dedes. Didalam cerita legenda, diceritakan bahwa Ken Dedes diculik oleh Tunggul Ametung, akuwu di Tumapel yang merupakan daerah bawahan Kerajaan Kediri, untuk dijadikan istri. Kisah tersebut berujung pada pemberontakan yang dikomandani oleh Ken Arok untuk merebut Tumapel dan menyerang Kerajaan Kediri. Kemudian muncul kerajaan baru dengan nama Singasari. Ken Arok menjadi raja pertama dan Ken Dedes sebagai parameswarinya.

Nah, jika anda masih bingung bagaimana cara mengatur kegiatan liburan anda di Batu dan Malang, anda bisa menghubungi kami Wisata-BatuMalang.com penyedia jasa paket wisata Malang yang sudah berpengalaman.

Info lebih lanjut kunjungi web kami : indonesiaholiday.co.idindonesiaholiday.id – wisata-batumalang.com – dreamholidays.co.id – batumalangtransco.com – Tourtoindonesia.com

Leave a Comment

WISATA-BATUMALANG.COM

PT. Kangmas Global Travelindo
NIB : 9120203100972
NPWP : 86.352.139.9. – 628.000

“Dari Hati, Kami Memberikan Pelayanan Yang Terbaik Bagi Anda”

CONTACT INFO